Survey Songket : Zainal Songket


Setelah melalui tahap survey yang cukup panjang, akhirnya saya memutuskan Zainal Songket menjadi tempat saya memesan songket wedding saya nanti.

Saya sampai mensurvey baik Zainal Songket di Palembang maupun di Jakarta. Selain di 2 kota ini, Zainal Songket memang buka cabang di Kota Medan, Bandung, dan Bogor. Namun hanya di Palembang dan Jakarta lah tempat produksinya.

Sebelumnya saya sempat mendatangi pameran Inacraft dulu yang diselenggarakan di JCC (Jakarta Convention Centre Hall) untuk melihat stand Zainal Songket ini. Di sana saya bertemu dengan sang empunya. Songket-songket yang dipamerkan pun cantik-cantik. Beberapa yang eye catching bagi saya waktu itu berharga 35 juta! Seperti ini kenampakannya:

warnanya.. <3

yang ini katanya udah laku, di beli sama orang batak! ohhh inang..35 juta bok!


Untuk songket memang harus melihatnya secara langsung, karena jika difoto penampakannya akan berbeda dengan dilihat langsung. Angel pengambilan foto dan cahaya juga sangat mempengaruhi warna songket hasil foto tersebut.

Setelah mengobrol dengan Abang Zainal, diketahui kalau range harga songket miliknya start from 3,5 juta rupiah, lalu 6 juta, 30 juta ke atas sampai yang 60 jutaan pun ada! 

Dia bilang kalau di Zainal Songket kualitasnya sudah terpercaya sampai ke tingkat internasional. Dia juga ga main harga, jadi harganya sudah ga bisa ditawar, hanya bisa diskon 10% untuk pembelian songket yang ready stock, jika pesan (buat baru by request) ya ga dapet diskon :D

Tapi bagi saya yang harganya 3,5 jutaan pun sudah cantik.. Ada yang saya taksir waktu itu warnanya ungu, pas banget untuk martumpol dengan kebaya saya yang berwarna lavender. Tapi sayang budget untuk bawahan martumpol saya gak ada segitu harganya, jadi cukup dicoba dan difoto aja deh kaya gini nih:

aslinya lebih keren..songketnya tinggi sampai di atas pinggang

detailnya..


Beberapa hari kemudian saya mendatangi lokasi Zainal Songket yang ada di Kebon Kacang Jakarta Pusat. Ada 2 songket yang saya suka, yang 1 warna pink, dan satu lagi merah maroon sedikit pink tua. Lagi-lagi kalau di foto emang berbeda dengan lihat langsung, seperti ini :


jatuh cinta pada pandangan pertama dengan songket pink-gold inih..

kalo di pakai seperti ini :

sukaaa banget banget sama yang ini..pink soft :")

ini yang warna merah hati :


kalo di pakai seperti ini :



Ada juga songket-songket lainnya yang saya coba dan saya foto:





Rata-rata harganya yang 6 jutaan, diskon 10% dan bener-bener ga bisa kurang lagi.
Walaupun kata mbak-mbak yang ada di sana dan kata Zainalnya untuk semua cabang Zainal Songket harganya sama, saya masih penasaran dengan yang di Palembang, berpikir mungkin kalo di tempat asalnya bisa lebih murah, hehee..jadi saya tahan dulu untuk beli songket di Zainal Songket cabang Jakarta ini.

Beruntung saya bisa ke Palembang dalam rangka dinas dari kantor, sehingga saya bisa mengunjungi Zainal Songket di daerah Tangga Buntung yang merupakan daerah pusat kerajinan songket-songket Palembang, dan berharap bisa dapat harga lebih murah dibanding di Jakarta.

Untuk range harga Zainal Songket di Palembang dengan Zainal Songket di Jakarta pada dasarnya adalah sama. Tapiiii...yang di Palembang ini bisa ditawar sedikiiitt..sedikit doang sih..bedanya bisa sekitar 400rb-sekitar sejutaan lebih (lumayan lah..hihii). Misalnya yang harga 6 juta kalo di Jakarta diskon 10% jadi 5,4 juta dan ga bisa turun lagi, nah di Palembang bisa jadi 5 juta.
Saya juga sempet menawar yang harganya tadinya 10 juta, bisa jadi 8 jutaan. Tapi sayang warnanya kurang cocok.
Dari songket-songket yang ada di sana, banyak bangetttt yang bikin saya jatuh hati..terutama yang warna-warna pink..ahhhh syurga! (lebay :D) tapi sudah tidak mungkin dibolehin oleh mamak-mamak itu: “kalo penganten itu harus merah..bisa semarak!” ok baiklah. Nurut aje.
Beli di Jakarta aja lah, ajak mama biar ga salah pilih, toh harganya ga jauh beda (lumayan jauh sih sebenernya, but i don’t want take a risk..daripada salah!)

Songket-songket pink, ungu, dan beberapa warna merah itu biarlah hanya terabadikan lewat foto-foto berikut ini:


ini nih yang harga 10 juta..cantiikkk..

dipilihh..dipilih..dipilihhhh... :D


Balik lagi beberapa minggu kemudian ke Zainal Songket di Jakarta, kali ini saya mengajak mama beserta papa. Setelah melihat-lihat koleksi yang ada di sana, ada 2 songket yang warna merah yang menurut mama dan saya (sedikit terpaksa, karena masih berharap pengen pink! Tapi harapan tinggal harapan..huhu) paling pas untuk saya pakai di hari pernikahan saya nanti, ini dia:

bareng mama :)



Yang manakah yang saya pilih? Hahahaa..surpriseee..hehehee..
Yang pasti menurut saya songket-songket di Zainal Songket ini high recommended setelah pengalaman saya keliling-keliling di Palembang datengin toko-toko songket yang ada termasuk juga di Pasar Baru Jakarta. Saya sangat menyarankan untuk beli di sini karena:
  1. Gak perlu repot-repot tawar-menawar, fix priced, jadi ga takut kalo kita salah nawar kan.
  2.  Tinggi (lebar) dari songket di Zainal ini 1 meter, berbeda dengan songket-songket lainnya yang rata-rata Cuma 80 cm atao 90 cm, jadi nya pas kita pake kebaya bisa kelihatan sambungannya (furing) karena pendek dan tidak tertutup oleh bustier. Coba perhatikan tinggi songket foto-foto yang saya coba, hampir semuanya dipinggang kan? bahkan sedikit di atas pinggang. Songket pada umumnya paling cuma sepanggul, nah hal ini yang bikin nanti kain furing songketnya akan terlihat kalo kita pake kebaya.
  3. Bahan dasar yang dipakai memang sutra asli, bukan sutra alam ato sutra-sutra lainnya. Karena banyak tukang songket yang bilang kalo songket mereka itu bahannya sutra alam, dan ternyata setelah saya cari tahu, sutra alam itu bukan lah sutra sesungguhnya.
  4. Disuguhin makan pempek asli Palembang yang enaaakkk banget kalo kita berkunjung ke tempat Zainal Songket, hihii. 

Note:
Jangan tertipu dengan sebutan: songket benang satu, ato benang 2, dsb. Katanya kalo benang 1 itu lebih bagus. Itu salah, karena ternyata untuk songket Palembang sendiri tidak ada istilah benang 1 atau benang 2, dsb. Itu adalah untuk sebutan untuk songket di Padang. Jadi, jangan menilai songket Palembang dari berapa benangnya ya, melainkan dari bahan dasar yang digunakan. Kalo terbuat dari sutra, justru akan semakin ringan songket tersebut J

Sekian review tentang Zainal Songket, berikut saya cantumkan alamat dan nomor telepon dari beberapa cabang Zainal Songket:

Zainal Songket Jakarta
Jl. Kebon Kacang 29, no. 13A, Jakarta Pusat
(021) 314 1118, 314 4461

Zainal Songket Palembang
Jl. Ki Gede Ing Suro No. 173 Rt. 5-30 Ilir, Palembang (Daerah Tangga Buntung)
(0711) 370 284

Zainal Songket Medan
Taman Setia Budi Blok QQ no. 46, Medan
(061) 820 1435

Zainal Songket Bandung
Jl. Rereng Barong no. 175C Sukaluyu, Bandung
(022) 251 2269

Zainal Songket Bogor
Bukit Cimanggu City Blok B no.5 Bogor
(0251) 753 6410

Semoga bermanfaat buat capeng-capeng yang galau dengan songket..hihii :)


Love,
Meilani Siregar

Comments

Popular posts from this blog

List of The Wedding (Adat Batak)

Survey Kebaya : Vera Kebaya

2nd step : Marhori-hori Dinding