Cek Retina di KMN : Mataku..oh Mataku



Jadi hari ini, tepatnya pagi tadi saya pergi ke Klinik Mata Nusantara (KMN), di jalan Arjuna Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat, untuk periksa mata.


Dari jaman dulu, saya palinggg paling paling benci yang namanya ke dokter mata, atopun periksa mata. Kenapa? Saya pake kacamaa udah dari kelas 4 SD! Dan semenjak itu tiap saya periksa mata buat cek minus, pasti aja nambah..jarang banget malah nyaris ga pernah tetap tu minus (apalagi berkurang). Belum lagi kan cek mata pasti kan disuruh pake kacamata yg bulet itu, yang gak banget menurut saya, kaya orang bego..disuruh baca huruf2 dan angka2 yang jauh..ihhhhh menurut saya itu bener2 menakutkaaannnnnnn... Alhasil saya sudah lama banget ga cek mata, entah 3 ato 4 tahun terakhir deh..dan hasilnya minus saya adalah 5,5 ajaaaaa (aja?!) belum lagi silindrisnya yang entahlah udah berapa inih saya gak inget.

Oke balik lagi ke KMN, jadi mendengar kabar berita yang katanya wanita berminus tinggi (lebih dari 5) itu ga akan bisa lahiran normal (harus cesar), karena katanya beresiko apanya mataaa gitu bisa rusak dan terancam buta (serem banget yak). Sampe saat ini saya masih pengen banget  bisa melahirkan normal. Tanya-tanya sama temen yang hamil dan minus tinggi juga, mereka dianjurkan cek mata rutin aja nanti kalo deket tanggal lahiran. Dan bener pas saya tanya dokter kandungan saya juga, dia bilang nanti kalo udah hamil 8 bulanan pergi ke dokter mata buat di cek matanya.
Tapi kok saya penasaran ya, pengen aja gitu segera periksa mata, kebetulan lokasi KMN ini emang deket banget dengan apartemen saya, bisa dibilang tetanggaan lahh, semenit jugak nyampek :D
Tapi saya bingung apa bener ke dokter umum mata biasa aja? Ato ada spesialisnya? Browsing-browsing lah saya akhirnya, dan menemukan jawaban untuk menemui dokter mata spesialis RETINA kalo mau ngecek yang berhubungan dengan kandungan atau melahirkan. Dan hasil browsing saya juga menyebutkan untuk memeriksakan mata jauh-jauh hari sebelum lahiran. Maka semakin mantap lah saya melawan rasa malas, takut, ngeri, dan gak banget ke dokter mata.

Kamis sore tanggal 2 Juli saya langsung ke KMN, saya bilang mau ke dokter spesialis retina..dan bagian pendaftaran langsung bilang ‘oh untuk melahirkan ya?’ berati udah tepat ya pilihan saya :D
Namun sayang sore itu lagi ga ada dokter spesialis retinanya, adanya besok pagi. Maka langsung saat itu juga saya daftar untuk perjanjian dengan Dr. Upik Mahna Dewi, Spm. Spesialis retina.
Sekitar jam 8 pagi saya sudah sampai di KMN, tahap pertama saya diperiksa dulu pake alat yang biasa buat cek minus mata, disitu saya udah lemes dan berharap semoga ga ada bagian baca2 huruf pake kaca mata bego itu. Tapi ternyata saya salah. Setelah itu tetep harus melalui tahapan itu -__-
Baca-baca huruf, angka, liat warnaa...hiii kalo gak karna hamil, gak mauuuu..
Hasilnya minus saya katanya masih tetap, tapi silindrisnya dongg yang drastisss..yang tadinya kanan kiri cuma silindris 0,5, jadi silindris 1,25 dan 1,75...zzzzZzzzZ

Beres cek minus, saya disuruh tunggu diluar lagi, tunggu dipanggil, dan ternyata ada pemeriksaan saraf mata kalo ga salah, pake alat yang sama kaya cek minus, yang dagu sama dahinya ditempelin gitu..sebelumnya di kasih obat tetes mata dulu entahlah apa itu. Selanjutnya lagi pindah ke alat sebelahnya..cek tekanan bola mata katanya. Jadi mata kaya tiba-tiba dikasih angin yang cepet banget kaya kilat, bikin kaget bangett nget ngett.. berulangkali dikasih angin kilat itu.
Setelah itu mata saya ditetesin obat lagi, katanya buat nge-gede-in retinanya, jadi dalam jangka waktu 4 jam ke depan mata saya akan buram dan silau, karena retina yang membesar sehingga menangkap cahaya yang lebih banyak.

Pindah ke lantai di bawahnya, saya disuruh tunggu untuk ketemu dokter retina. Sambil menunggu dipanggil, suster meriksa lagi mata saya apakah retinanya sudah cukup kebuka ato belum, dan sepertinya belum, sehingga si suster netesin obat mata lagi..lumayan perih ya obat mata ini.

Tiba giliran saya dipanggil, masuk lah saya ke ruang dokter..
‘udah brapa bulan?’ kata dokternya
‘5 stengah dok’ jawab saya
‘agak kecepetan yaa,,hehe,,biasanya pas udah deket lahiran kalo cek mata’
‘iya dok, abis penasaran’
Suster kembali kasih obat tetes lagi,,katanya itu kaya anestesinya..
Baru lah di cek pake alat sama Dr. Upik. Beliau kaya nempelin alat entahlah apa itu ke bola mata  kanan saya. Rasanya kaget dan sedikit perih lama-lama..keluar air mata juga dibuatnya. Ada sinar yang cukup  teraangggg..dan dokternya bilang kalo retina kanan okee...gak ada masalah..baguss..

Pindah ke bola mata kiri....jengg jeenggg..dokternya bilang :
‘ini yang kiri retina sobek ni..kamu mau lahiran normal kan ya....ternyata rasa penasaan kamu terbukti juga nih, untung segera di periksa....’
Ya Tuhan...kenapa sih dengan mata saya  inihh?? bener kannn..tiap kali ke dokter mata pastii aja hasilnya berita burukk...hikkss..semakin lemes seketika lah sayaaaa..
Dokternya bilang, itu harus di laser..jadi semacam dipatri retinanya, biar nyambung lagi yang sobek..dan harus sesegera mungkin karena beresiko akan lepas..kalo lepas ya buta. Mau saya akan melahirkan ato enggak, retina yang sobek itu harus segera di laser. Laser yaaa....., beda sama lasik. Laser ini ga bisa ngurangin atopun ngilangin minus, Cuma memperbaiki retina aja.
‘Jadi dok, nanti setelah saya di laser, saya bisa lahiran normal?’
‘bisa dongg..tapi kan lahir normal ato cesar bukan dilihat dari kondisi mata aja..’
‘tapi laser ini aman gitu saya lagi hamil gini untuk kandungannya?’
‘gak apa-apa kok..aman..itu emang harus segera di laser..kalo ga bisa lepas retinanya’
 
Puji Tuhan dehh kalo gitu dari segi mata udah aman kalo emang sudah di laser nanti. Seenggaknya saya udah ga penasaran lagi dengan minus saya yang kelewatan ini, dan masih ada jalan keluar untuk saya bisa lahiran normal..

Saya sempet tanya juga sama dokternya apa penyebab sobeknya retina ini, apa karena kebiasaan pake softlens? Kata dokter bukan, dan tidak ada hubungannya dengan sotlens. Softlens letaknya di lensa mata (bagian depan mata), sedangkan retina jauh ada di bagian belakang mata. Penyebabnya ya memang karena minus mata yang sudah tinggi, menyebabkan retiananya menipis dan akhirnya sobek. Itu tidak bisa dihindari,,,udah dari sono nya begitcyuuu..bukan juga karena kebiasaan buruk ato apapun.
Dan kata dokternya lagi, perubahan silindris saya yang naik banyak banget ini disebabkan oleh kehamilan..karna pengaruh hormon juga, jadi berubah-ubah..jadi ga perlu dulu ganti lensa kacamata, dan pemakaian soflens juga tetep diperbolehkan koookkk..sipiriliii....

‘Kalo lasik itu gimana dok? Ada silindris gini tetep bisa sembuh?’
‘bisaaa..tapi lasik nanti kalo kamu udah ga hamil dan tidak menyusui..dan ada pemeriksaan dulu sebelum dilasik itu, tapi yang jelas untuk silindris dan minus mata segitu masih bisaaa..’
Fyuuhhh,,,terjawab sudah keraguan saya apakah bisa ni mata sembuh oleh lasik..hahaa..walo entah kapan bisa dilasik..dari segi kondisi maupun keuangan :D
Selesai dari dokter, mata saya dikasih obat tetes lagi, katanya sih antibiotik yang bikin tenggorokan pahit. Dan emang bener gak lama tenggorokan saya pahit, disuruh minum air putih aja.
Tiba saatnya pembayaran. Hasil pemeriksaan hari itu memakan biaya sebesar 450ribuu..hmmmm..lumayan yah bokk..lebih mahal daripada saya cek kandungan..hahaa..
Berikut rinciannya:



Sebelum saya balik, susternya nanya kapan saya akan dilaser, biar dibikin appoitment. Soalnya saya harus segera laser demi kebaikan si retina sobek itu. Tapi saya harus lapor sama suami dulu nih, dan masih setengah yakin apa bener aman untuk bumil si laser inihh? Jadi lah saya bilang nanti dulu untuk bikin janji lasernya, dan suster menyarankan telfon dulu kalo mau appoitment dan saya  dibekali obat tetes untuk nanti dipakai sebelum tindakan laser. Perkiraan biaya lasernya sekitar 2,8 juta..dan tidak ada kerjasama dengan BPJS (ngareeeepppppp :p).

Selesai dari KMN, saya menuju kantor..dan ternyata benarr sepanjang jalan mata ini silauuuu mennnn..dan kerasa capekk aja...pengen cepet-cepet bobo..
Saya jalan ke kantor dengan lemes membayangan si retina sobek inih..........

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Hai mba Meilani salam kenal,
    Makasih ya sudah share cerita cek retina di dokter mata.
    Aku jadi penasaran, jadi di terapi laser mba?
    Lalu mba bisa melahirkan normal?

    Makasih ya udah mau berbagi ��
    God bless you & family

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba tineke, salam kenal juga..
      aku akhirnya jadi di laser mba, karena itu memang harus dilaser mau aku melahirkan dengan cara apapun hehe..

      pada akhirnya aku lahiran cesar mba, tapi bukan karena masalah mata, melainkan karena letak bayinya yang sungsang..kalo dari segi mata sih sudah ga ada masalah aku bisa lahiran normal :)

      semoga membantu yaa..
      GBU too.

      Delete
  3. Maaf mbak...saat di diagnosis retina robek apa mbak merasakan gejala sebelumnya..spt melihat kilatan cahaya,,floater dsb gtu

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

List of The Wedding (Adat Batak)

Survey Kebaya : Vera Kebaya

2nd step : Marhori-hori Dinding