cerita VBAC ku..


Mau share tentang pengalaman melahirkan secara normal di anak ke-2 setelah melahirkan secara caesar pada anak pertama :)
Awalnya saya ngerasa ga yakin juga bisa lahiran normal seteah caesar. Karena di lingkungan sekitar saya (teman2 atau kenalan2) belum pernah yang VBAC (Vaginal Birth After Cesarian). Begitu juga kalau browsing2, banyakan yang ga berhasilnya dibandingan yang berhasil untuk VBAC. Ga sedikit yang saya baca di internet, ibu2 pejuang VBAC udah mules2 kaya apaan tau ehh ujung2nya operasi juga. Apalagi mata saya minus cukup tinggi (-5,5), trus ada ambeyen pula..yg katanya (entah kata siapa) itu merupakan hal2 yang berbahaya untuk lahiran normal.

Dokter Spog saya yang pertama, sebut saja dokter B di RS S pun memang tidak mendukung saya untuk lahir normal. Dia menjelaskan kalau resiko VBAC itu sangat besar...ya robek rahim lah, pendarahan lah, dsb..dsb..kesannya nakut2in ajaa! Walaupun setau saya dokter B itu pro normal yaa..tp ternyata  tidak pro VBAC. Suami saya pun jadi sempet ikut ragu2 buat dukung saya VBAC.

Sampai pada akhirnya saya bertemu Dr. Ridwan, Spog di RS Kemang Medical Care Jakarta. Dokter ini saya pilih random hasil browsing2 aja gitu dokter yang pro VBAC, tanpa ada rekomendasi siapapun yg saya kenal.
dan setelah semua yang saya lewati, bagi saya, Dr. Ridwan lah kunci utama saya sukses VBAC :)

Pertama kali ketemu Dr. Ridwan, saya sendirian, tanpa ditemani suami, karena pergi pas jam istirahat kantor..saya nanya sama beliau :

'dok, saya mau lahiran normal..bisa ya?'

'asal ibu yakin, suami mendukung, pasti bisa.'

SUMPAHH legaaa banget rasanya denger kalimat jawaban dari dia.
Menenangkan hati, dan seperti dapet dukungan kuat.
Semenjak saat itu, keyakinan buat bisa VBAC naik drastis..tinggal memboyong suami untuk ketemu dengan dokter ini, supaya dia pun yakin.

Seiring berjalannya waktu, perasaan galau ragu bisa berhasil VBAC pasti ada. Jujur dalam hati pun saya gak bisa se PD itu berhasil. Pokok doa saya yg paling besar ya itu, cuma minta sama Tuhan supaya melancarkan semuanya mimpi saya untuk bisa melahirkan normal.

Tapi setiap kali kontrol ke dokter Ridwan, beliau pasti berhasil membuat saya PD kembali ketika saya mulai ragu.

Pernah suatu kali saya kontrol, beliau yg justru nanya sama saya:

'masih mau normal kan?'

saya gelagat dengan tidak mantap menjawab 'eee..mau dok'

lalu kalimat nya yg simpel justru seolah menyentil saya 'gimana sih kok ragu gitu..hrs yakin lah'

ya begitulah dokter Ridwan gayanya bicaranya yang datar dan cool tapi penuh kepastian.


Singkat cerita, saya bener2 ga nyangka kalo bisa kontraksi 1 minggu lebih awal dari HP (Hari Perkiraan Lahir). HPL tanggal 27 Mei 2018. Sengaja saya baru ambil cuti kerja mepet-mepet HPL tgl 21 Mei, karena pengalaman anak pertama, mendekati 40 minggu masih ga ada rasa apa-apa semacam kontraksi gitu..jadi mikirnya anak ke-2 ini juga pasti bakal lewat HPL.
Berharap 1 minggu sebeum HPL bisa banyak 'me time' dulu, mau ke Ancol lah, mau ke Anyer lah, mau eye lash extension dulu lah, mau jalan2 ke mall sampe gempor dulu lah, dan niatnya mau jalan2 bareng si kakak Jovanca nyobain playground2 di Jakarta. Tapi siapa yang sangka kalo saya lahiran tepat di tanggal hari pertama saya cuti kerja?!?

Begini ceritanya..

Hari Jumat, 18 Mei 2018
Masih kontrol 37 weeks biasa ke Dr. Ridwan, Spog. Ada 2 hal yang paling saya cemaskan : 1. berat badan bayi; 2. kepala bayi yang ga masuk2 ke panggul.
Pas di week 36 kontrol itu berat bayi udah 3 kg, control 2 minggu kemudian naik 600gr jadi 3,6 kg! mau nangisss..haha lebay.. tapi emang iya, jangan sampe gw gagal lahiran normal karna bayi yg terlalu berattt. Dan kepala bayi juga masih belum masuk panggul, alias masih bisa muter lagiii.. oemjii jangan sampe kejadian kaya kakaknya yg di week2 terakhir kepala muter lg ke atas.
Alhasil sejak dibilang 3,6kg itu, gw bener2 ngurangin karbo dan manis. Tiap hari makan nasinya beras merah.


19 mei 2018
Ngerasa ada yg ga enak di perut, bukan mules kaya biasanya yang pengen pup, tapi emang beda aja..
Pas hari itu mau ngadain ucapan syukur kecil2an, kebaktian menyambut datengnya anggota baru.
Jadi pagi2 pas lagi didandanin (cieelah pake panggil MUA segala..karna niatnya emang mau potosyut maternity ala2 gitu pas beres acara).. udah mulai ngerasa ga enak..ilang-timbul gitu rasa ga enaknya..saya masih nyebut rasa ga enak, karena emang belum sakit yg gimana2, masih biasa ngapa2in kaya biasa.
Lalu saya ngerasa kaya ada cairan yg keluar..udah ngerasa cemas..mungkinkah air ketuban?
Bangunin suami minta beliin kertas lakmus..tapi ga sempet karna kita buru2 juga ketempat acara. Dan ternyata di pakaian dalam juga muncul bercak kecoklatan. Darahkah itu? Kontraksikah ini?
Karena anak pertama memang operasi Caesar terencana, sama sekali ga ngerasain kaya gimana kontraksi..kontraksi palsu pun ga tau kaya gimana itu. Jadi bener2 blank banget soal tanda2 mau lahiran ini.
Sepanjang acara masih bisa biasa aja, kalo muncul ‘rasa ga enak’ itu paling diem bentar trus lanjut lagi lalala yeyeye..tapi makin banyak keluar bercak coklat disertai cairan gitu.. untung pake pembalut. Nanya sama mama dan kakak, katanya sih emang kaya gitu tanda udah mau lahiran. Wowww Bener2 ga nyangka. Masa sih ahh udh mau lahir. Ini masih 39 week loh.. HPL masih minggu depan. Feeling mengatakan paling bakal lewat dari hpl lahirannya, karna waktu jovanca, udah 40 week kurang 3 hari aja masih ga ada tuh kontraksi2an.
Untunglah maternity photoshoot ala2 masih bisa berjalan dengan baik..haha..penting banget ini, gw udah dress well dan make up well yakan :D
Karena rasa takut, takut beneran ketuban yg udah pecah, akhirnya saya mengajak suami untuk periksa ke bidan deket rumah. Bidan saripah. Jeng jengggg hasilnya apaaa? Kata bidan udah bukaan 2! Whattttt? Percaya ga percaya. Bidan bilang kalo kontraksi udah 5 menit sekali baru balik lagi ke sana. Banyakin jalan. Dan pertanyaan yg selalu saya tanyakan: ‘kepala bayinya udah masuk panggul?’ Karena waktu kemaren banget 18 mei 2018 periksa ke obgyn, dokter bilang kepala bayi masih belum panggul. Ini lah yg bikin cemas hatiku, yg menurut anggapan ku kalo kepala bayi blm masuk panggul ya blm bisa lahiran. Dan bener kata bidan kepalanya blm turun. Entah apa mksdnya blm turun..blm turun ke panggul ato blm turun banget? Hahaa.. trus kok bisaaa kepala blm masuk panggul tapi bukaan 2? Bener2 ga masuk dipikiran ku..
Pulang dari bidan saya masih sempet nyetir ke salon buat creambath. Ucapan orang salon juga seperti doa, dia bilang
‘udah berapa bulan?’
‘tinggal nunggu, hehe’
‘wah kayanya abis pulang dari sini nih brojol’
‘hahaaha’
Saya Cuma bisa ketawa, dalam hati masih ga nyangka kalo omongan orang salon itu bakal jadi kenyataan.
Semakin malem, rasa ga enak di perut itu semakin bertambah dan semakin sering.
Saya WA doula++ (kenapa doula++? Haha nanti saya bahas yaa), buat nanya, apa bener ini kontraksi, apa iya bisa kontraksi dan pembukaan 2 padahal kepala bayi blm masuk panggul?
Jawaban mba imu (doula saya tsb), iya itu kontraksi. Kepala bayi bisa turun kapan aja. Saya disuruh hitung berapa lama kontraksinya. Klo udah 5 menit sekali mending ke RS aja.
Saya yg sesungguhnya ga ngerti hitung durasi kontraksi, coba2 aja pake aplikasi di iphone, plus catat manual..ahh tapi tetep banyak kelewatnyaa! Boro2 bisa nyatet, wong nahan sakit aja ka susah ambil itu kertas sma pulpen, atopun pencet hp.
Hasil pencatatan yg entahlah akurat ato ga, nunjukin kok kayanya udah 5 menit sekali ya kntraksinya. Lapor mba imu, katanya mending ke RS aja, klo emang masih lama waktunya, ya tinggal pulang lagi.
Oke balik, saya dan suami nurut. Kira2 jam 11 ato stg12 gt kita ke RS..haha lucu, malam itu adalah malam pergantian ke tanggal 20 mei..artinya malam pergantian ulang tahun saya!
Istimewa sih ya malam ulang tahunnya di RS, sambil di CTG. Iya, saya nyampe ke RS, di CTG selama setengah jam, mau dilihat sudah berapa lama kontraksinya selama 5 menit. Ternyata dalam 10 menit masih 1x, sedangkan yg dharapkan 4 kali gitu ya kalo ga salah (kayanya sih salah..haha). di cek bukaan, daannn masih bukaan 2.
Bidan lapor ke Dr. Ridwan..dan bener deh saya disuruh pulang.. Oia, waktu itu juga mba imu dating juga ke RS..katanya takut kelewat haha..jauh2 mba ke jkt dari karawaci tengah malem..disuruh pulang lagi pulakk..bener2 totalitas yaa :D

20 mei 2018
Happy birthday to me! :D
Ulang tahun paling special sepanjang hidup ya ulang tahun ke-31 ini. Ga bisa tidur sepanjang malem! Tiap mau ketiduran tiba2 dateng lagi sakitnya..Cuma bisa ngeremes tangan suami klo kontraksi dateng. Bertekad mau gereja pagi tapi tak sanggup, jadi jalan pagi aja ditemenin suami, sambil tiap beberapa menit diem karna kontraksi, haha untung sepi ga ada yg liat..klopun ada yg liat cuek aja. Abis bangga2 gimana gt yakan,,wkwkw..
Niat hati mau lunch di luar juga gagal..pgn sushi tei..sambill jalan2 gitu kan, tp kali ini malu klo di mall tetiba diem nahan sakit.  Perayaan ulangtahun Cuma tiup lilin aja bareng suami dan jovanca, daaann dikasih kadooo.. perayaan kecil tapi sungguh berkesan. Kalo saya nyebutnya hari special ditemani dengan orang2 tercinta dan disertai dengan gelombang cinta :D
Semakin sore sakitnya semakin terasa, dan saya memaksa suami buat gereja aja jam 18.30. di gereja pun sebentar2 makin terasa kontraksi. Cuma bisa mengucap syukur buat usia yg bertambah dan berdoa supaya semuanya persalinan berjalan lancer, dan 1 hal terbesar semoga rencana persalinan normal bisa terwujud.
Pulang dari gereja, suami memutuskan untuk kita pergi menginap di deket RS, kebetulan di sebelah RS KMC ada penginapan, jadi kalo ada apa2 bisa langsung ke RS. Maklum jalanan bekasi-jakarta ga ada yg bisa prediksi, apalagi besoknya itu hari senin, ya udah pasti macetttt.
Untung saya sudah packing persiapan baju2 dan lainnya untuk persalinan di dalam koper. Itu pun sebenernya diingetin suami yg suruh dari jauh2 hari buat packing. Saya santai2 aja waktu itu, karna mikirnya: ahh masih lama, ga mungkin skrg2 ini saya melahirkan. Tapi suami bilang
‘kalo tiba2 malam ini kmu kontraksi gimana’
dengan ngeyel saya jawab ‘ahh ga mungkin, paling juga lewat2 hpl. Orang waktu jovanca aja udah mau 40 weeks belum ada kontraksi apa2, feeling aku kuat kok ini kayanya bakal lama’
Ehh beneran ternyata yg dibilang suami. Kontraksi itu datangnya tiba2 ga bisa diprediksi. Suka2 si bayi ajah.
Malam di penginapan juga sama kaya malam sebelumnya, ga bisa tidur. Ngantuk teramat sangat, tp tiap kali ketiduran sebentar, kontraksi muncul lebih dahsyat dan lebih sering. Dan rasanya berlipat kalo kita tiduran, kaya ada yg neken ke segala arah di sepanjang perut bagian bawah sampai ke belakang dan tulang ekor. Kalo ga salah jam 4 subuh saya memutuskan bangun dan gerak di gym ball, yang memang sengaja saya bawa. Kata mba imu, gym ball ini guna sih buat ngebantu kepala baby turun dan mengurangi rasa sakit. Dan menurut saya memang benar, ngebantu ngurangin rasa sakit, taaapiii tetep aja sakiiitttttt…

21 mei 2018
2 jam saya gerak di gymball dari jam 4 subuh sampe jam 6an, sambil nahan ngantuk tp ga bisa tidur, bangunin suami, yg ikutan ga bisa tidur pules juga, maju-mundur mau ke RS skrg ato ga..takut pembukaannya masih sama, dan di suruh pulang lagi.
Akhirnya jam stgh 8an kita ke RS, jalan kaki.
Setelah di CTG  dan di cek bukaan oleh bidan, udah bukaan 3 mau 4. Fyuuuhh akhirnya nambah juga bukaannya. Tai kok lama bgt yaa.. 2 malem Cuma nambah 1 bukaan. Begini amat ya pikir saya.
Gpp, untung ga disuruh pulang lagi. Bidan bilang udah stay aja di RS, karena biasanya kalo udah bukaan 4 itu udah cepet.
Tapiiiiii kata siapaaa…hahahahaa…
Kontraksi manjahhhh bukaan 4 masih terus berlangsung sampe jam 4 sore ketika Dr. Ridwan akhirnya visit. Dia cek sendiri bukaan dan masih sama bukaan 4.
Saya Tanya sama dia:
‘kira2 kapan dok? Berapa lama lagi?’
dengan gaya santainya dan suara pelannya yg cool itu dia bilang
‘ya semoga masih di hari senin’
Saat itu saya lagi2 berpikir, ga mungkin bgt yg dokter bilang..wong bukaan naik 1 tingkat aja 2 malem..ini masih bukaan 4, dan ini udah sore, udah mau hari selasa..
Dr. ridwan bilang banyak jalan aja di sekitar RS.
Yeay saya boleh brati turun2 ketemu jovanca. Udah kangen banget. 2 malem ga tidur sama dia L
Sepanjang sore itu saya bersama suami, ada mama juga, papa, lia, dan mba imu. Seneng mereka ada sana waktu itu. Jalan, gerak di gymball, sesekali ketawa kalo lagi ga sakit, dan sering kali tiba2 nyamperin tembok buat naro tangan dan nempelin dahi ditangan sambil gerak pinggul buat ngurangin rasa sakit.
Jam 7 lewat saya kembali ke ruang observasi, waktu itu rasanya kaya udah ga kuat lagi mau jalan balik ke kamar. Dalam hati bilang ‘kok gini bgt ya sakitnya’. Makan juga udah bener2 ga nafsu. Apalagi kalo ke kamar kecil buat pipisss..ya Tuhannn bisa kontraksi berapa kali itu di kamar mandi.
Setelah kembali ke ruang observasi ini lah puncak dari perjuangan VBAC saya ini.  Saya kembali di-CTG, saya udah lupa gimana hasil CTG itu, karna udah ga bisa konsen lagi. Dan tiba saat di cek bukaan, bidan nanya hal yg menurut saya agk night mare..
‘ini ada cairan apa ya..coba dicek kertas lakmus. Tapi emang ada keputihan ya?’
‘iya, saya memang keputihan’ dan masih mencoba nenangin diri kalo itu emang cairan keputihan. Bukan ketuban.
‘tapi ini kertasnya berubah warna sih’ (tandanya iya bener ketuban)
Pura2 ga denger
Lalu suster kembali cek bukaan. Tp cek bukaan kali ini ko beda sih, rasanya tangan si suster tuh bener2 kaya ngobok2 gt, berasa ‘kasar’.. dan tiba2… BLASSSSS…keluar cairan (saya rasa) banyakkkk..baju saya basahhh, tempat tidur basahh..

OH TUHAN.. ga tau lagi perasaan saya kaya gimana, campur aduk gak jelas. Saya merasa keadaan disana itu sudah kacau..saya merasa bidan2 seperti merasa takut juga melihat ketuban yg pecah. Pertanda apa inii?  Waktu itu di sana ada mama, mba imu, dan 2 atau 3 bidan. Mereka berbicara apa, saya udah ga focus lagi. Saya cuma pengen ada suami saya. Dan gak lama suami saya datang, dan saat itu saya menangisssss semenangis-nangisnya sambil pegang suami. Yg dipikiran saya adalah, ketuban udah pecah, dan ini semua akan berakhir di meja operasi. Saya gagal. Saya gagal vbac. Saya gagal melahirkan normal. Keinginan, mimpi, dan permohonan saya tidak terwujud. Sia-sia semua rasa sakit saya berhari2 ini. Itu yg ada dipikiran saya waktu ketuban saya pecah itu.
Suami mencoba menenangkan saya, dia mengingatkan saya untuk berdoa, terus berdoa, mengatur nafas..
Mama yang ada di situ juga berusaha memberikn semangat, kalimat simple dari mama yang memberikan semangat di kala saya udah kacau semuanya, pikiran, hati, badan..
Mama bilang kesemua yg ada di situ ‘dia anaknya mah kuat’
Yup,,Cuma mama, ibu kandung kita sendiri memang yang paling mengetahui gimana kita..i love you mama <3
Bidan pun segera menelpon dr. ridwan. Saya terus menangis..dan saya tahu suami saya seperti merasa apakah ini akan berakhir di ruang operasi? Tapi dia berusaha terus menenangkan saya.
Bidan dating kembali, bilang kalo dr. ridwan nyuruh nunggu sampai 4 jam,kalau sampai 4 jam tidak ada tanda apa2 atau kemajuan, dr. ridwan akan datang untuk menentukan tindakan selanjutnya.. selama 4 jam itu dr. ridwan nyuruh untuk terus gerak di gymball.
Apaaa?? Gerak di gymball? Saya ga bergerak aja air terus mengalir keluar..gimana saya harus gerak2 lagi?
Mba imu yg setia juga nemenin di sana, bilang
‘tuh kalo dr.ridwan nyuruh gerak di gymball, itu tandanya kepala bayinya udah makin turun’
Suami juga sempet nanya sama mba imu
‘ini gpp ya pecah ketuban gini? Harus ada tindakan lain?’
‘gpp kok, ketuban pecah itu bisa bertahan sampai 24 jam’
Entahlah,,apa perkataan dia itu hanya untuk menenangkan saya aja, ato emang bener.
Yg pasti saya merasa keadaan semakin kacau. Sakit yg terus menerus seperti tanpa jeda, rasa ngantuk luar biasa, saya harus tetap gerak di gymball, tiap kali kontraksi itu dating, air ketuban mengalir deras..baju basahh..lantai pun udh becek..bener2 ga nyaman,,tp saya tetap gerak sambil berdoa, dan mencoba komunikasi dengan janin..
‘sayang tolong bantu mama, kita bisa, kita pasti bisa, cepet keluar yaa..’
‘tuhan, tolong mampukan saya, saya bisa, pasti bisa’
Bener2 kaya orang bego, yang berfikir, kapan ini berakhirr..kenapa sakitnya gini banget..hebat banget semua ibu2 yang bisa melewati kejadian kaya gini.
Sampai rasanya badan udh ga kuat lagi buat gerak, saya bilang sm mba imu ‘mba ngantuk’
‘oh gpp kalo mau tidur’
Tp saya tau kalo tiduran itu rasa sakitnya berlipatganda rasanya.
Saya coba tiduran, tapi tetep gabisa tidur, sakit makin menjadi..sampai akhirnya saya merasa ada ‘sesuatu’ sambil merintih saya bilang ‘pap, coba periksa dibawah situ..mau ngeden’
Bidan pun segera ngecek, dan ternyata bukaan 8.
Saya pun segera dilarikan ke ruang bersalin, saat itu sudah ada rasa senang..oh Tuhannn akhirnya..
Tapi saya masih seperti orang bego, pas bidan nyuruh ‘nanti kalo lagi ga kontraksi, cepet2 pindah ya ke tempat tidur sebelah itu’ ‘gimana cara bangunnya?’ ‘ya bangun aja’ jawab bidan sambil sedikit tertawa..haaha..iya saya baru sadar saya menanyakan pertanyaan bodoh, cara bangun aja nanya!
Sambil menunggu dr.ridwan datang, saya disuruh ngeden ketika kontraksi. Bidan dan mba imu ngajarin saya cara ngedennya. Iya, saya memang sama sekali ga ikut kelas senam hamil, apalagi yoga2an, jadi ga tau klo ngeden itu harus gimana.
‘jangan bersuara’ kata mba imu. Oh ok
Tarik napas, lalu buang sambil ngeden sekuat2nya, lalu sambung lagi Tarik napas, buang, dst,,
Dr. ridwan pun ga lama tiba. Kembali saya menanyakan pertanyaan bodoh ‘dokter, ini pasti keluar kan?’
Dan saya ga bisa ngedenger jawaban dia denga jelas..kalo ga salah ‘ya ini mau keluar’
‘tuh pak, liat deh rambutnya udah keliatan’
‘ayo bu, bagusss..teruss..’
Kalimat2 yg bikin happy, rasa mules mau ngeden kaya udah ga kerasa lagi, karena tiap mules muncul menandakan bayi yg akan semakin keluar.
Sampai ketika dr.ridwan turun tangan, gak lama saya melihat bayi putihhh dangan bercak darah disertai dengan tangisan bayi.
‘Tuhannnn..terima kasiih’
Ga tau lagi giman super happy nya saya saat itu. Seneeenggg, bahagiaaa banget2..kayanya ga pernah sebahagia dan selega itu..beneran!
Saya berhasil VBAC.
Bayi perempuan itu segera di taro di dada saya lucuu sekali..suami yg ada di samping saya mencium anak ke2 kami dan mencium saya.
Sampai saat ini saya masih sedikit tidak menyangka kalau saya bisa VBAC. Memang benar2 perjuangan yg luar biasa.



Comments

Popular posts from this blog

List of The Wedding (Adat Batak)

Survey Kebaya : Vera Kebaya

2nd step : Marhori-hori Dinding